Powered By Blogger

Saturday, January 12, 2013

Tulisan 16

VHDL
VHDL (Very high speed integrated Hardwere Description Language) adalah sebuah bahasa pemrograman VHSIC (Very High Speed Intregated Circuit) yang dikembangkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineering ).. Pada VHDL, konsep sertasyntax banyak diperlukan untuk mengerti bagaimana rancangan VHDL sebagai bagian dari pemrograman FPGA. Dalam kebanyakan kasus, keputusan memilih dan menggunakan kode VHDL daripada kode Verilog atau SystemC, sangat tergantung pada pilihan perancang itu sendiri dan lebih kepada ketersediaan software pendukung serta kebutuhan perusahaan.
VHDL adalah termasuk bahasa pemodelan yang digunakan untuk merancang atau memodelkan rangkaian digital. Lalu keuntungan apa yang diperoleh dengan menggunakan VHDL sebagai bahasa pemodelan:
 
                                                     SORCECODE VHDL

1.    VHDL mampu melakukan desain hardware hingga sampai system yang lebih kompleks.
2.    Mudah dalam mencari dan mendeteksi kesalahan dengan lebih mudah dalam simulasi.
3.    Bahasa pemrograman yang mudah dimengerti dan dipelajari dengan cepat
Seperti pada bahasa pemograman yang telah kita ketahui dan dipelajari sebelumnya seperti Pascal dan C. VHDL juga memiliki struktur dan aturan yang harus dipatuhi. Di dalam VHDL juga terdapat main body program, procedure, function dsb. Sebuah system elektronik digital dapat digambarkan sebagai sebuah modul dengan inputs dan outputs. Modul sering disebut design entity dan input / output disebut ports pada VHDL. Jika sebuah modul dapat dipecah kita akan memperoleh bagian – bagian modul yang disebut dengan instances, dan sesuatu yang menghubungkan ports (input / output) disebut signals.
Cara pendeskripsian / penggambaran model system digital dengan VHDL seperti ini lah yang disebut structural description. Tentunya tidak hanya structural description saja yang dapat digunakan sebagai teknik penggambaran model terdapat beberapa deskripsi yang lain seperti :
· Behavioral discription dimana system digital dideskripsikan / digambarkan dengan cara menceritakan bagaimana system tersebut bekerja, proses apa yang terjadi pada system tersebut dan hirarkinya.
·  Mixed description dimana merupakan penggabungkan cara structural dan   behavioral description.
· Test Bench description merupakan teknik penggambaran system digital dengan mendiskripsikan entitynya lalu dilakukan test pada system digital tersebut.

No comments:

Post a Comment