Powered By Blogger

Saturday, January 12, 2013

Tulisan 13

ANALISA RANGKAIAN
 
   ANALISA RANGKAIAN SECARA BLOK DIAGRAM
Pada rangkaian Auto Fan With LM 335 ini, kami akan membuat danmenerangkan cara kerja alat ini secara blok diagram dan secara detail.Pada analisa blok diagram rangkaian akan terbagi menjadi:Penyalur tegangan ( arus 12 volt )Inputan 2 ( suhu tinggi yang akan diberi pada sensor )
1.    Input
2.    Proses
3.    Output

Menurut blok diagram diatas dapat dijelaskan bahwa:Pada rangkaian diberi tegangan sebesar 12 volt, dimana tegangan iniberfungsi untuk mengaktifkan rangkaian tersebut. Pada keadaan ini fan tidak akanberputar walaupun rangkaian telah dialiri arus listrik karena sensor yang memakaitipe LM 335 ini masih dalam kondisi dingin, dan untuk memutarkan ataumemfungsikan fan tersebut yaitu dengan jalan memanaskan sensor LM 335dimana sensor ini berfungsi sebagai inputan 2. Setelah sensor panas barulahrangkaian ini akan mengeluarkan output dan fan akan berputar. Sensor LM 335sebagai inputan dan Potensio berfungsi sebagai pengatur IC A1 dan IC A2. padaIC A1 berfungsi untuk mengatur keadaan LED D2 dan D3 dan IC A2 berfungsiuntuk mengatur keadaan LED D5 setelah sensor LM 335 di panaskan setealh ituDioda Zener berfungsi untuk membatas arus dan tegangan yang masuk melaluiTransistor dan Transistor akan menghasilkan 2 kondisi Saturasi dan Cut off jikakeadaan Transistor saturasi maka Relay akan berfungsi dan akan mengasilkanoutputan berupa Nyala Fan.
 3.2 Analisa Rangkaian Secara Detail
 
Pada transistor T1 memiliki 2 kondisi yaitu Saturasi dan Cut Off. T1 akanmengalami Cut Off pada saat LM 335 belum di panaskan karena tegangan di kakibasis lebih kecil dari tegangan di kaki emitor. sedangkan T1 akan menglamiSaturasi pada saat LM 335 di panaskan karena tegangan pada kaki basis akanmenjadi lebih besar dari pada tegangan yang ada di kaki emitor. D6 berfungsisebagai tegangan feed back atau tegangan tidak membalik D6 ini akanmenghambat tegangan pada kaki 3 relay dan kaki 1 relay agar tidak salingterhubung.Dan pada Relay terdapat terdapat 3 kondisi NO ( Normally Open) NC (NormallyClose) dan CO (Change Offer). NO (Normally Open) di ibaratkan sebagaii saklar terbuka karena tidak ada arys dan tegangan yang dilewati. Sedangkan NC(Normally Close) di ibaratkan sebagai saklar tertutup sehingga arus dan tegangandapat mengalir. CO (Change Offer) berfungsi untuk merubah dari kondisi NormallyOpen ke Normally Close. Jika Transistor Saturasi maka kaki CO pada Relay akanmerubah kondisi dari NC ke NO sehingga Fan dapat berputar

No comments:

Post a Comment